Bertempat di Jawa tengah, Grobogan merupakan kabupaten dengan luas wilayah terbesar kedua setelah Kabupaten Cilacap. Berdiri diantara Pegunungan Kedeng dan Pegunungan Kapur Utara, serta dialiri sungai yang membelah kabupaten yakni bernama kali Serang dan Kali Lusi.

Konon katanya, dengan dipimpin oleh Sunan Ngundung dan Sunan Kudus, pasukan kesultanan Demak memperoleh kemenangan gemilang dalam peperangannya melawan Majapahit. Saat itu, ketika Sunan Ngundung memasuki istana majapahit, ditemukan banyak pusaka kerajaan yang ditinggalkan. Pusaka-pusaka tersebut dikumpulkan dalam wadah bernama grobog dan diboyong menuju Demak. Dalam perjalanan, grobog tersebut tertinggal disuatu tempat dan tempat tersebut yang kemudian dipanggil dengan Grobogan.

Secara garis besar, Kabupaten Grobogan terdiri dari 19 kecamatan yang tersebar menyeluruh di seluruh Grobogan. Banyak ragam mata pencaharian warganya yang menyebar dari pertanian, perdagangan , perternakan, perkebunan serta mata pencaharian lain yang bagi mereka hallal dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Secara khusus, banyak wilayah-wilayah khas yang menghiasi Grobogan dengan wisatawan domestik. Seperti wilayah wisata religi ki Ageng Selo, Ki Ageng Getas Pandowo dan Ki Ageng Tarub. dan banyak lagi yang menjadi ciri khas dari kabupaten ini.

Peta Kab. Grobogan

Advertisements