Bersama Sejuta Inspirasi, kita akan sedikit berdongeng mengenai etnis dari ragam budaya desa Selo, kecamatan Tawangharjo. Sejarah pernah menceritakan sebuah kisah mengenai Ki Ageng Selo. Nama tersebut besar dan dewasa di desa ini, sebagai orang yang sangat dihormati oleh warga sekitar. Ki ageng selo merupakan keturunan dari raja majapahit, Brawijaya V yang menikah dengan Putri Wandan. Pernikahan mereka kemudian menurunkan dua putra yang dinamakan Bondan Kejawen dan Lembu Peteng. Salah satu putra mereka, Lambu Peteng dinikahkan dengan putri Nawangsih yang merupakan putri dari Ki Ageng Tarub dan melahirkan Ki Ageng Getas Pandawa. Dari orang besar ini lahirlah Bogus Sogom alias Syekh Abdurahman alias Ki Ageng Selo. Hingga kemudian dari Ki Ageng Selo ini akan lahir keturunan yang menjadi raja mataram hingga masa kejayaannya yaitu Panembahan Senopati.

Ki ageng selo, merupakan tokoh yang menyebarkan ajaran islam ke masyarakat, layaknya para wali songo. Bahkan ada perguruan islam yang didirikan olehnya. Salah satu murid dari perguruan tersebut merupakan calon Sultan Pajang yaitu Hadiwijaya alias Mas Karebet alias Jaka Tingkir.

Begitulah silsilahnya Ki Ageng Selo yang merupakan penurun raja-raja besar di masa lalu. Di akhir hayatnya, Ki Ageng Selo kemudian dimakamkan di desa ini, desa dengan sejuta inspirasi, yaitu Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

Demikian, sejuta inspirasi mengakhiri cerita untuk saat ini. Tetaplah bersama sejuta inspirasi, maka harimu akan terbanjiri warna-warna inspiratif. 🙂

 

DSC05042

#sejutainspirasi #menujumakam #KiAgengSelo

Advertisements