Bersama sejuta inspirasi, ragam cerita dikisahkan dengan gaya yang kamu suka. Percayalah!

Pernah dengar apa itu “Bledheg”?

Dalam Bahasa Indonesia, bledheg berarti petir. Petir terbentuk secara tiba-tiba, disusul dengan suara yang menggelegar kerasnya. Kilatan cahaya kadang-kadang terlihat sebelum suara besar tersebut mendahului. Kilatan ini bisa terjadi karena hantara listrik statis dari awan ke awan, awan ke tanah atau awan ke laut. Flash atau kilatan cahaya bisa mencapai panjang yang bermil-mil dan sangat panas sekitar 34.000° celcius .Saat flash ini terbentuk, udara disekitar tiba-tiba mengembang dengan ledakan keras. Ledakan inilah yang disebut guntur.

Berdasarkan penjabaran tersebut, bledheg ini tentunya sangat berbahaya, sahabat inspirasi. Akan tetapi, ada sosok sakti yang konon dapat menangkap bledeg dengan tangannya. Sungguh, sangat kuat sekali sosok tesebut.

Dituturkan dalam babad, ketika sultan Demak, Raja Trenggono masih hidup. Suatu hari, sosok sakti yang bernama Ki Ageng Selo hendak pergi ke sawah. Hari itu udara sangat lembab dan mendung terlihat di langit manapun, seperti akan hujan. Sayangnya, Ki Ageng Selo tetap asyik mencangkul-cangkul di sawah. Seketika, saat hujan benar-benar turun dari langit, ada bledheg yang menyambar tanpa peringatan. Bledheg itu berwujud seperti kakek-kakek. Tentu saja, Ki Ageng Selo yang diriwayatkan sangat sakti, dapat menangkap bledheg tersebut dan diikatkannya di bawah pohon. Seperti tidak pernah terjadi apa-apa, Ki Ageng Selo melanjutkan kegiatan mencangkulnya.

Setelah merasa cukup, barulah Ki Ageng Selo memutuskan untuk kembali. Akan tetapi, bledheg yang ia tangkap bukannya dibebaskan melainkan diaturkan ke Sultan Demak. Oleh Sultan, bledheg tersebut diletakan di jeruji besi dan dijadikan tontonan di tengah alun-alun. Mendengar ditangkapnya bledheg, berbondong-bondong rakyat demak menuju alun-alun demi melihat wujudnya. Bersamaan dengan kedatangan banyaknya orang, ada seorang nenek-nenek yang membawa kendi dan memberikan air minum ke kakek” Bledheg”, lalu seketika terdengar suara yang menggelegar dan memekakan telinga. Dengan sekejab mata, kakek dan nenek tersebut menghilang bersamaan dengan meningalkan jejak berantakan pada jeruji.

Jadi sahabat sejuta inspirasi, tokoh sakti senantiasa dikenang oleh rakyat yang mencintainya. Di sebuah desa yang penuh dengan gemerlap inspirasi, warna dan sendau gurau. Sejuta inspirasi akan banyak membawakan makna dari desa ini.

Salam dari Selo.

Advertisements